Interactive system atau sistem interaktif itu memungkinkan user mencapai suatu tujuan tertentu dalam suatu aplikasi sehingga suatu sistem interaktif menjadi dapat didayagunakan untuk meningkatkan akan keberhasilan suatu sistem aplikasi. Sistem Interaktif terbagi menjadi dua bagian yaitu, Interactive Entertainment atau Hiburan Interaktif, dan Intercative Programs atau Program Interaktif.
Interactive Entertainment
Interactive Entertaintment adalah sebuah Interaksi yang bersifat menghibur melalui media. Konsep dari Hiburan Interaktif ini adalah melalui media yang dapat langsung direspon oleh pengguna system, pengguna menerima interaksi melalui kombinasi teks, gambar, animasi, atau video yang sifatnya memberikan informasi dengan diselipkan unsure hiburan yang membuat pengguna tidak jenuh.
Interactive Entertaintment adalah sebuah Interaksi yang bersifat menghibur melalui media. Konsep dari Hiburan Interaktif ini adalah melalui media yang dapat langsung direspon oleh pengguna system, pengguna menerima interaksi melalui kombinasi teks, gambar, animasi, atau video yang sifatnya memberikan informasi dengan diselipkan unsure hiburan yang membuat pengguna tidak jenuh.
Interactive Program
Merupakan bagian dari prosedur penulisan sebuah program ketika sudah aktif. Interactive programming memfokuskan pada syntax program sebagai antarmuka utama untuk proses yang berjalan, bukan sebuah aplikasi interaktif, di mana program ini dirancang dalam siklus pengembangan dan untuk digunakan sesudahnya.Dalam interactive programs, keterlibatan user dalam pembuatan sebuah program sangatlah penting, karena sebuah program dibuat untuk memenuhi kebutuhan user. Komunikasi antara user dan program akan terwujud dengan adanya tampilan antarmuka / GUI yang dibangun pada program tersebut. Dengan adanya GUI, Interactive system menjadi lebih terdukung karena tampilan program kepada user menjadi lebih mudah digunakan.
GUI (Graphical User Interface)
GUI / tampilan antar muka, merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer.
FUNGSI GUISelain mempermudah user dalam menjalankan program, GUI / tampilan antar muka juga memiliki fungsi lain, diantaranya :
(1). Pointing device dengan perangkat berupa mouse.
(2). Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware / sofware (sinkronisasi).
(3). Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain.
(4). Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis.
(5). Pembuatan website.
(6). Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
Komponen-komponen GUI :
- Label
- Button
- Text Field
- Text Area
- Combo Box
- Menu Bar
- Radio Button
- Check Box
Ada beberapa jenis event di GUI antara lain :
> Event Source
Adalah komponen visual seperti Button, Combobox, Text Field, dan lain-lain.
> Event Model
Interaksi antara user dan komponen GUI. Untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi user terdapat bagian-bagian penting yaitu event source dan event listener / Handler.
> Event Listener
Objek penerima & pengolah event. Menerima dan menangani event, mengandung business logic. Contoh: menampilkan informasi penting ke user, melakukan komputasi matematis, dan lain sebagainya.
> Event Object
Objek yang terbentuk saat terjadi event. Yaitu ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti : tekan button, ketik di text field, dll. Mengandung semua informasi yang berhubungan dengan event yang muncul, seperti : Tipe event yang muncul, asal dari event tersebut. Direpresentasikan oleh class Event.
> Event Handler
Blok method dari listener yang menetukan proses selanjutnya setelah melakukan event, misalnya tombol next, tombol save, dan lain-lain.
Dalam gambar tersebut ternyata dibedakan antara pemrograman standard dan pemrograman interaktif. Pada pemrograman standar, implementasi solusi dari program diberikan begitu saja tanpa ada interaksi antara program dengan user, jadi user tidak dapat menentukan apa yang ingin dilakukan olehnya karena semua telah diatur oleh program. Yang membedakan dengan program interaktif yaitu si user dapat mengontrol keputusannya untuk setiap solusi program tersebut. Maka dari itu disebut Interactive Program dimana user berinteraksi dengan programnya.
Referensi :
http://www.nryulia.staff.gunadarma.ac.id/
http://www.noorhayatin.staff.umm.ac.id
http://ittelkom.ac.id/staf/mhd/MateriKuliah/Software%20Project%20I/Referensi/e-Book/GUI.pdf
http://en.wikipedia.org/wiki/Interactive_programming
http://elektroengineering.blogspot.com
http://zainword.wordpress.com/2013/06/22/pengantar-teknologi-game-bag-3/#more-432
GUI (Graphical User Interface)
GUI / tampilan antar muka, merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer.
FUNGSI GUISelain mempermudah user dalam menjalankan program, GUI / tampilan antar muka juga memiliki fungsi lain, diantaranya :
(1). Pointing device dengan perangkat berupa mouse.
(2). Memiliki fungsi sebagai plug and play, yang memudahkan user dalam menginstall dan uninstall hardware / sofware (sinkronisasi).
(3). Membuat software-software yang menuntut aplikasi dalam komputer user yang dapat digunakan untuk kegiatan user dalam proses seperti menulis text, spreadsheet. sound, graphic dan lain-lain.
(4). Untuk digunakan dalam pembuatan System Operasi sebagai User friendly dan ergonomis.
(5). Pembuatan website.
(6). Opensource software/hardware atau pengembang aplikasi-aplikasi skala besar lainnya.
Komponen-komponen GUI :
- Label
- Button
- Text Field
- Text Area
- Combo Box
- Menu Bar
- Radio Button
- Check Box
Ada beberapa jenis event di GUI antara lain :
> Event Source
Adalah komponen visual seperti Button, Combobox, Text Field, dan lain-lain.
> Event Model
Interaksi antara user dan komponen GUI. Untuk mendeskripsikan bagaimana program merespon interaksi user terdapat bagian-bagian penting yaitu event source dan event listener / Handler.
> Event Listener
Objek penerima & pengolah event. Menerima dan menangani event, mengandung business logic. Contoh: menampilkan informasi penting ke user, melakukan komputasi matematis, dan lain sebagainya.
> Event Object
Objek yang terbentuk saat terjadi event. Yaitu ketika user berinteraksi dengan komponen GUI. Seperti : tekan button, ketik di text field, dll. Mengandung semua informasi yang berhubungan dengan event yang muncul, seperti : Tipe event yang muncul, asal dari event tersebut. Direpresentasikan oleh class Event.
> Event Handler
Blok method dari listener yang menetukan proses selanjutnya setelah melakukan event, misalnya tombol next, tombol save, dan lain-lain.
Dalam gambar tersebut ternyata dibedakan antara pemrograman standard dan pemrograman interaktif. Pada pemrograman standar, implementasi solusi dari program diberikan begitu saja tanpa ada interaksi antara program dengan user, jadi user tidak dapat menentukan apa yang ingin dilakukan olehnya karena semua telah diatur oleh program. Yang membedakan dengan program interaktif yaitu si user dapat mengontrol keputusannya untuk setiap solusi program tersebut. Maka dari itu disebut Interactive Program dimana user berinteraksi dengan programnya.
Referensi :
http://www.nryulia.staff.gunadarma.ac.id/
http://www.noorhayatin.staff.umm.ac.id
http://ittelkom.ac.id/staf/mhd/MateriKuliah/Software%20Project%20I/Referensi/e-Book/GUI.pdf
http://en.wikipedia.org/wiki/Interactive_programming
http://elektroengineering.blogspot.com
http://zainword.wordpress.com/2013/06/22/pengantar-teknologi-game-bag-3/#more-432
Tidak ada komentar:
Posting Komentar